Friday, October 3, 2014

Keutamaan Berpuasa di Hari Arafah

Tanggal 9 Zuljijjah merupakah tanggal yang istimewa bagi ummat Islam yang melaksanakan ibadah haji. Pada hari tersebut seluruh jamaah haji berkumpul di Arafah untuk melaksanakan wukuf sebagai puncak dari pelaksanaan ritual ibadah haji.

Bagi ummat Islam yang tidak melaksanakan ibadah haji, pada tanggal 9 Zulhijjah sangat disunnahkan berpuasa untuk menghormati para jamaah haji yang sedang berwukuf di Arafah. 

Puasa Arafah memiliki 3 keutamaan yang sangat luar biasa sebagai karunia Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya. Berikut ini tiga keutamaan berpuasa di hari Arafah:

DIHAPUSKAN DOSANYA SELAMA DUA TAHUN

Berpuasa di hari Arafah dapat menghapuskan dosa-dosa selama 1 tahun ke belakang dan 1 tahun ke depan sebagaimana sabda Rasulullah berikut:

سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ
Rasulullah SAW pernah ditanya tentang puasa hari Arafah, beliau menjawab, “Puasa itu menghapus dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun berikutnya.” (HR. Muslim)

DIBEBASKAN DARI API NERAKA

Sebagian ulama menjelaskan bahwa pembebasan dari neraka pada hari Arafah diberikan Allah bukan hanya kepada jamaah haji yang sedang wukuf, melainkan juga untuk kaum muslimin yang tidak sedang menjalankan haji. Terlimpahkannya ampunan Allah terhadap dosa selama dua tahun melalui puasa Arafah sangat terkait dengan keutamaan kedua ini.

مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ
“Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arofah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para malaikat. Kemudian Allah berfirman: Apa yang diinginkan oleh mereka?” (HR. Muslim)

DOANYA TIDAK AKAN DITOLAK

Dalam banyak hadits Rasulullah menyampaikan bahwa doanya orang yang berpuasa tidak akan ditolak. Dengan keutamaan hari Arafah, maka semakin besar kemungkinan doa kita dikabulkan oleh Allah SWT.

خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ وَخَيْرُ مَا قُلْتُ أَنَا وَالنَّبِيُّونَ مِنْ قَبْلِى لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ
“Sebaik-baik do’a adalah do’a pada hari Arafah. Dan sebaik-baik yang kuucapkan, begitu pula diucapkan oleh para Nabi sebelumku adalah ucapan “Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qadiir (Tidak ada Ilah kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. MilikNyalah segala kerajaan dan segala pujian, Allah Maha Menguasai segala sesuatu).” (HR. Tirmidzi dan Hasan)

Maha Suci Allah yang teramat sangat baik kepada kita. Hanya dengan berpuasa 1 hari dengan penuh keikhlasan dan ketundukkan dapat mengantarkan kita untuk mendapatkan banyak keutamaan yang luar biasa.

Selama berpuasa perbanyaklah berdzikir dan bersholawat untuk Rasulullah SAW. Semoga amal baik kita diterima. Amiiin..

No comments:

Post a Comment