Monday, October 27, 2014

Waspadai 4 Jenis Makanan Penghancur Sistem Kekebalan Tubuh

Makanan Penghancur Sistem Kekebalan Tubuh
Sistem kekebalan (immune system) adalah sistem pertahanan manusia sebagai perlindungan terhadap infeksi dari makromolekul asing atau serangan organisme, termasuk virus, bakteri, protozoa dan parasit. Sistem kekebalan juga berperan dalam perlawanan terhadap protein tubuh dan molekul lain seperti yang terjadi pada autoimunitas, dan melawan sel yang teraberasi menjadi tumor.

Kemampuan sistem kekebalan untuk membedakan komponen sel tubuh dari komponen patogen asing akan menopang amanat yang diembannya guna merespon infeksi patogen, baik yang berkembang biak di dalam sel tubuh (intraselular) seperti misalnya virus, maupun yang berkembang biak di luar sel tubuh (ekstraselular) sebelum berkembang menjadi penyakit.

Namun adakalanya sistem kekebalan tubuh manusia ini bisa melemah karena beberapa faktor. Sistem kekebalan tubuh yang melemah mampu berubah menjadi masalah besar bagi kesehatan. Sebab Anda bisa terkena serangan virus penyebab penyakit.

Seperti dilansir dari boldsky.com, ada beberapa jenis makanan yang ternyata bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh bila anda terlalu banyak mengkonsumsinya.

Makanan manis

Makanan manis memang menyenangkan untuk dikonsumsi. Namun jangan terlalu banyak mengonsumsinya sebab dapat merusak sistem kekebalan tubuh Anda. 

Minuman bersoda

Minuman bersoda biasanya Anda konsumsi saat sedang bersantai bersama dengan teman-teman. Jika Anda mengonsumsinya sesekali bukanlah masalah yang besar. Namun ketika Anda terlalu sering mengonsumsinya, maka dapat merusak saluran usus Anda dan menyebabkan kuman memasuki tubuh Anda.

Kafein

Kafein bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran dan tingkat kefokusan Anda. Namun jangan terlalu banyak mengonsumsinya karena dapat mempengaruhi kesehatan tubuh dan menghancurkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Kacang

Kacang mengandung cadangan protein untuk tubuh. Namun Anda harus memperhatikan jumlah yang Anda konsumsi dan cara mengolahnya karena kacang adalah makanan yang rentan untuk terkontaminasi. Cara pengolahan yang salah bisa menjadi pintu bagi masuknya kuman yang mampu mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Daripada mengonsumsi makanan di atas yang mampu menurunkan sistem kekebalan tubuh Anda, lebih baik ganti dengan konsumsi sayur dan buah. Sebab makanan tersebut mampu menyediakan nutrisi sehat untuk peningkatan sistem kekebalan tubuh Anda.

Sumber : 
- Harian Umum Merdeka
- Wikipedia.com

No comments:

Post a Comment