Sunday, November 16, 2014

Tips Membeli Kamera DSLR untuk Pemula


Trend fotografi saat ini semakin meluas, demikian pula dengan pilihan jenis kamera digital semakin banyak. Bagi yang senang berburu foto dengan hasil jepretan maksimal, jenis kamera digital DSLR cocok jadi pilihan.

Bagi anda yang masih pemula di bidang fotografi, ada baiknya sebelum membeli kamera DSLR (Digital Single Lens Reflect) anda pertimbangkan dengan teliti hal-hal berikut, terutama yang memiliki bugdet terbatas.

1. Budget dan Kebutuhan

Membeli kamera DSLR yang sesuai dengan kebutuhan adalah bijak. Jangan memaksakan diri membeli yang canggih fiturnya padahal kita tidak membutuhkan fitur tersebut untuk keseharian. Untuk pemula saya sarankan carilah kamera digital dengan harga yang tidak terlalu mahal, agar kelak jika sudah mahir baru mencari kamera digital yang lebih handal.

2. Sensor

Perhatikan ukuran sensor yang digunakan untuk menangkap gambar. Pada umumnya ada tiga kategori sensor, yaitu Full Frame, APS-C dan four-Thirds.

Kamera DSLR Full Frame adalah semua kamera DSLR yang menggunakan ukuran sensor yang sama dengan ukuran film analog. Jadi, apa yang dilihat di fiewfinder, itulah hasil fotonya tanpa ada sedikitpun yang dikurangi atau istilahnya di "crop". Kamera DSLR dengan sensor full frame diantaranya, Canon 5D Mark III, Nikon D600, Nikon D800, Sony A99.


Canon 5D Mark III
Canon 5D Mark III
Nikon D600
Nikon D600
Kamera DSLR dengan sensor APS-C memiliki ukuran sensor lebih kecil. Konsekuensinya ada bagian foto yang di-crop. Namun, harganya jauh lebih mudah dan body lebih ringan. Kamera DSLR dengan sensor APS-C diantaranya, Canon 600D, Nikon D3200, Sony A390, Sony SLT A37.

Canon 600D
Canon EOS 600D
Nikon D3200
Nikon D3200


Adapun jenis kamera DSLR dengan sensor Four-Thirds sedang menjadi trend saat ini. Dengan ukuran sensor lebih kecil dari APS-C, bodinya menjadi lebih ramping dan berbobot ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana tanpa banyak mengurangi kualitas gambar yang dihasilkan. Kamera DSLR dengan sensor Four-Thirds diantaranya, Canon EOS-M, Fuji XE-1, Nikon J1/V1, Olympus EPL, Sony NEX.


Sony NEX-3
Sony NEX-3
Olympus EPL
Olympus EPL

3. Resolusi

Jika berencana ingin mencetak foto dalam ukuran besar, sebaiknya gunakan kamera dengan resolusi tinggi sehingga hasil cetakan foto juga maksimal. Untuk menghasilkan foto bagus seukuran sampul majalah, kamera digital dengan resolusi 4 MP sudah cukup memadai.

Sebaliknya jika hanya sekedar ingin foto-foto dan dishare ke dunia maya, kamera berresolusi tinggi tidak terlalu penting.

4. Fitur ISO

Fitur yang tidak kalah penting untuk diperhatikan pada kamera DSLR adalah pengaturan ISO untuk memotret di tempat gelap. ISO ini berkaitan dengan tingkat sensitifitas sensor terhadap cahaya. Semakin besar nilai pada settingan ISO di kamera maka semakin sensitif dan besar cahaya yang didapatkan.

5. Speed/Kecepatan

Kamera DSLR pemula memiliki kecepatan lebih baik daripada kamera saku mahal. Kecepatan diperlukan jika anda sering memotret objek bergerak seperti mobil yang sedang melaju atau menonton acara konser musik.

6. Image Stabilization/Anti Getar

Perhatikan pula antishake system pada saat memilih kamera DSLR. Pada pencahayaan yang kurang atau pengambilan gambar jarak jauh, gambar akan rawan terhadap blur karena gerakan tangan atau kamera yang tidak disengaja. Image Stabilization dirancang untuk menghindari hal ini.

7. Ukuran dan Model

Hal terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah memilih ukuran. Ukuran kamera DSLR memang besar dan tidak seperti kamera digital biasa. Namun ada pula beberapa kamera DSLR yang ringan dan bisa dibawa bepergian kemana-mana dengan nyaman, seperti kamera DSLR jenis Four-Thirds yang saya ulas diatas.

1 comment: