Mendapatkan karier yang cemerlang dan menempati posisi bergengsi di perusahaan tentu menjadi dambaan semua orang. Beragam cara pun dilakukan untuk bisa mendapatkan karier yang cemerlang tersebut. Apa yang harus dilakukan agar karyawan naik jabatan dengan cepat? Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan agar dapat naik jabatan dengan cepat.
Harus Anda ingat sebelumnya, jangan hanya menuntut untuk mendapatkan kenaikan jabatan atau gaji tanpa anda berusaha untuk meng-upgrade diri anda agar bisa handal dan memiliki kemampuan untuk mengerjakan setiap pekerjaan yang diberikan oleh atasan anda.
Perbaiki kinerja diri
Tanpa memperbaiki kinerja diri anda, mustahil bisa mendapatkan kenaikan jabatan secara cepat. Paksa diri untuk bekerja lebih keras guna mencapai hasil yang lebih. Sebagai staff yang bekerja sangat baik, tentu akan lebih produktif jika diposisikan di jabatan yang lebih menentukan untuk perusahaan. Berubahlah! Jangan melulu mencari kesalahan dan mengeluh, tapi mulailah pada diri sendiri, mulailah dengan semangat baru dan kinerja yang lebih baik sehingga “aura positif” akan membantu anda untuk mendapatkan peningkatan jenjang karier.
Mempunyai nilai tambah (value added)
Anda harus mempunyai nilai tambah sehingga anda tidak tergantikan oleh orang lain. Kalau anda mempunyai nilai tambah, pimpinan akan kesulitan mencari pengganti anda. Mulailah dengan menambah wawasan dan ilmu baru yang terkait dengan bidang pekerjaan. Upgrade kemampuan anda. Jika anda hanya berkutat dengan kemampuan yang monoton jangan harap bisa memiliki karier yang lebih baik, malah bisa jadi, anda ditinggalkan oleh rekan anda yang lebih junior. Oleh karena itu lakukan pekerjaan anda saat ini dengan lebih baik lagi yang tidak semua orang selain anda bisa mengerjakannya.
Memiliki sikap yang baik
Jujur, disiplin, dan memiliki motivasi/semangat kerja yang baik. Sikap-sikap dan akhlaq yang baik harus dimiliki seorang karyawan sukses. Ingat selalu, skill yang tinggi tidak ada harganya di harapan pimpinan perusahaan, jika tidak dibarengi dengan sikap (attitude) yang baik. Jagalah semangat anda, jangan menyalahkan orang lain. Jangan lari dari tanggung jawab, jangan cari-cari alasan atas kesalahan yang anda lakukan dan bersikaplah profesional.
Perhatikan kesehatan anda di luar kantor
Jangan terlalu sering mengeluh di situs jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook. Sebab, tidak menutup kemungkinan bos anda akan membacanya. Tentu saja hal ini akan menjadi kurang baik di mata atasan. Anda akan dicap sebagai orang tukang mengeluh.
Jangan malu bertanya
Apabila anda merasa tidak yakin dengan salah satu pekerjaan yang sedang dikerjakan, janganlah ragu untuk bertanya kepada bos secara langsung, atau melalui telepon, sms, maupun e-mail. Cara ini tentunya akan menunjukkan bahwa anda adalah sosok karyawan yang mempunyai inisiatif sendiri.
Itulah beberapa tips agar anda mendapatkan banyak kesempatan untuk naik jabatan dengan cepat. Semoga bermanfaat.
Sumber: Harian Kompas edisi 3 Maret 2014
No comments:
Post a Comment